Manfaat Lebih dari Material Bata Ringan

14 September 2018

Sahabat Tiga Roda, saat ini begitu banyak jenis bahan bangunan yang ditawarkan di pasaran. Dahulu bata merah menjadi bahan utama dalam pembuatan bangunan. Era penggunaan bata merah mulai menyurut ketika ditemukan material pilihan lain seperti batako.

Linier dengan perkembangan zaman, saat ini mulai muncul material baru berupa bata ringan atau kerap disebut dengan hebel.

Sahabat Tiga Roda, material hebel berbahan baku pasir kuarsa, semen, kapur, gypsum, aluminium pasta, dan air. Jika dibandingkan dengan batako yang berbasan dasar semen dan pasir kasar, bata ringan lebih banyak kelebihan.

Bobotnya yang ringan membuat Sahabat Tiga Roda tidak terlalu membebani struktur bangunan. Material hebel juga tergolong mudah untuk dibelah dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Kelebihan lain yang Sahabat Tiga Roda akan dapatkan dari penggunaan bata ringan adalah kebutuhan lapisan perekat yakni semen juga relatif sedikit. Sahabat Tiga Roda hanya perlu menggunakan semen khusus yang disebut semen mortar yang berfungsi sebagai perekat bata ringan.

Jika Sahabat Tiga Roda tertarik untuk memanfaatkan material ini pada bangunan, maka perlu diperhatikan bahwa proses pemasangannya perlu keahlian khusus. Hal ini karena hebel sangat cepat menyerap air, sehingga perlu diplester agar lebih tahan air.

Satu hal yang tidak boleh ditinggalkan, material bata ringan juga dikenal sangat ramah lingkungan jika dibandingkan dengan material lain seperti kayu, dan papan multiplex, yang dianggap kurang ramah lingkungan.

(Sumber : https://www.sementigaroda.com/read/20181022/506/

manfaat-lebih-dari-material-bata-ringan)

(Foto Bata Ringan)

Share this story!

Leave us a Comment